Wikipedia

Hasil penelusuran

28 September 2018

Pengolahan Ikan Mas Pesmol dan Presto



Rendahnya tingkat konsumsi diakibatkan karena masih adanya anggapan dikalangan masyarakat bahwa makan ikan kurang bergengsi atau identik dengan kemiskinan bahkan ada anggapan kalau makan ikan akan menyebabkan cacingan atau alergi, padahal ikan yang segar tidak akan menyebabkan cacingan selama ikan tersebut diolah dengan baik, tetapi jika ikan yang digunakan merupakan ikan yang telah busuk dan diolah pada kondisi yang kurang bersih maka ikan tersebut dapat menjadi pembawa parasit dalam tubuh dan menyebabkan cacingan. Disamping itu banyak yang enggan untuk memasak ikan karena harus membersihkan isi perutnya, membuang sisik dan duri sehingga menimbulkan kesan bahwa ikan sangat merepotkan, kurangnya pengetahuan tentang teknik pengolahan ikan juga menjadi pemicu rendahnya konsumsi ikan di Indonesia.

ResepMasakan Ikan yang akan kami bagikan untuk Anda, yaitu Resep Ikan Mas Pesmol. Jika dilihat dari bumbunya memang hampir mirip dengan Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning, namun ada beberapa tambahan rempah-rempah lain yang akan menambah rasa di kuahnya. Salah satu resep aneka olahan ikan ini juga lebih banyak irisan-irisan bawang merah bahkan ada yang sengaja dibiarkan utuh untuk pelengkap. Untuk ikan yang kami gunakan disini ialah ikan mas, jika Anda kurang selera dengan ikan tersebut, bisa diganti dengan ikan lainnya.

Resep IkanMas Pesmol merupakan masakan yang sudah menjadi hidangan favorit di Indonesia, karena rempah-rempah yang digunakan sangat banyak dan rasanya yang gurih. Dimakan bersama nasi putih hangat pastilah akan tercapai kepuasan untuk perut kita.

Resep membuat Ikan mas pesmol pedas enak sedap

Bahan Utama:
  • ½ Kg ikan mas.
  • 1 sdm air jeruk nipis.
  • 1 lembar daun salam.
  • 2 buah cabai merah besar, dibuang bijinya dan iris tipis serong.
  • 1 batang serai, memarkan.
  • 250 cc air bersih.
  • 8 butir bawang merah, kupas dan biarkan utuh.
  • 15 cabai rawit, biarkan utuh.
  • 2 sdt garam.
  • 2 sdt gula pasir.
  • Minyak secukupnya untuk menumis dan menggoreng.
Bahan Yang Dihaluskan:
  • 1 cm jahe.
  • 1 cm lengkuas.
  • 1 cm kunyit.
  • 4 butir kemiri, sangrai.
  • 6 siung bawang merah.
  • Garam dan gula secukupnya.

Cara memasak Ikan Mas Pesmol Pedas Enak

  1. Pertama-tama, lumuri ikan mas sambil diremas-remas dengan air jeruk nipis, garam, dan kunyit. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, goreng sampai keemasan. Angkat, tiriskan.
  2. Kemudian, panaskan minyak lagi untuk menumis bumbu halus, serai, dan daun salam hingga harum. Lalu, tuangkan air, gula, dan garam. Masak hingga matang dengan sedikit mengental dan cicipi kuahnya.
  3. Selanjutnya, tambahkan bawang merah utuh dan cabai. Aduk hingga rata.
  4. Terakhir, masukkan ikan mas yang telah digoreng. Aduk rata. Jika selera bisa ditambahkan dengan cuka.
  5. Ikan mas pesmol sudah siap dihidangkan.

Resep Ikan Mas Pesmol di atas sangat mudah, bukan? Jadi perbedaan antara Resep masakan pesmol dengan resep masakan bumbu kuning adalah terletak pada rasa kuahnya dan bawang merah yang sengaja utuh untuk pelengkap rasa di Resep Ikan Mas Pesmol. Kuahnya pun juga cenderung lebih kental daripada Resep Ikan Bandeng Bumbu Kuning. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 

Ikan Mas Presto

 Saat ini berbagai cara pengolahan dilakukan agar tulang dalam ikan memungkinkan untuk ikut dikonsumsi, misalnya dengan penggunaan presto. Ikan presto termasuk ikan pindang karena proses pembuatannya yang menggunakan panas dan dalam suasana bergaram, oleh karena itu presto termasuk dalam ikan pindang. Presto merupakan alat masak bertekanan yang memungkinkan proses pengempukan berlangsung dengan maksimal sehingga tulang yang keras pun bisa menjadi empuk dan bisa dikonsumsi. Pada prinsipnya teknik pemindangan modern sama dengan teknik pemindangan tradisional. Perbedaan terletak pada proses perebusan. Proses perebusan pemindangan modern menggunakan panci bertekanan sehingga menghasilkan ikan pindang yang empuk sampai ke duri-durinya, sehingga sering juga orang menyebutnya dengan istilah pindang duri lunak.
Sebenarnya, semua ikan bisa saja diolah dengan cara ini. Produk olahannya dikenal dengan ikan presto. Karena proses awal sebelum pemindangan modern sama dengan pemindangan tradisional, maka pada kegiatan belajar ini tidak akan lagi membahas tahapan awal pemindangan secara mendetail.

Proses pemindangan ikan mas presto
Tahapan proses pemindangan modern terdiri dari :
 Ikan mas disiangi dengan cara dibersihkan sisik, buang isi perut dan insangnya.
 Cuci ikan sampai bersih kemudian direndam larutan garam 3% selama 15-20 menit
 Masukkan dan susun ikan dengan rapi didalam panci bertekanan (pressure cooker). Bila panci berukuran cukup besar, maka ikan disusun terlebih dahulu didalam nyiru (sejenis nampan yang terbuat dari bambu). Kemudian ikan disusun bersama-sama dengan nyiru tersebut didalam pressure cooker.
 Setiap lapisan ikan ditaburi garam halus sebanyak 2% dari berat ikan (dapat juga direndam dalam larutan garam jenuh bersih selama 2 jam) dan bumbu penyedap secukupnya.
 Masukkan air kedalam panci secukupnya, jangan sampai ikan ikut terendam air (jangan lupa diatas dasar panci dipasang saringan).
 Tutuplah panci dengan rapat dan kuat supaya tidak terlepas pada saat proses perebusan.
 Tutup panci harus memiliki klep (karet) yang bagus supaya udara diruangan panci tidak keluar melalui tutup selama perebusan.
 Lama perebusan berkisar 45 menit (untuk ikan berbobot 300/g) atau lebih, tergantung sumber panas (suhu yang dihasilkan) yang digunakan pada saat proses perebusan. Tekanan udara yang dihasilkan mencapai 1,1 atmosfir pada suhu 120oC.
 Apabila tekanan udara didalam panci sudah maksimal, maka akan menghasilkan suara seperti peluit. Sekaligus sebagai tanda bahwa ikan yang direbus sudah matang, press-cooker dibuka pengatur tekanannya hingga uap keluar dan tekanan menjadi normal.
 Setelah ikan matang, kemudian dinginkan selama beberapa saat.
 Ikan yang sudah dingin dikemas dengan menggunakan kardus dengan daya tahan 2 – 6 minggu atau bisa menggunakan plastik yang vakum udara dengan daya tahan ± 3 bulan bila disimpan dalam suhu normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar